Lima Destinasi Sejarah di Kota Semarang

Lima Destinasi Sejarah di Kota Semarang

Kota Semaerang, Ibukota Jawa Tengah ini memiliki banyak sekali tempat wisata, mulai dari wisata alam di kawasan Bandungan, wisata belanja, dan wisata sejarah yang lokasinya di pusat kota. Pada ulasan ini, akan dijelaskan secara khusus beberapa tempat wisata yang termasuk ke dalam wisata sejarah. Setidaknya, ada lima lokasi yang erat kaitannya dengan sejarah bangsa Indonesia. Tertarik untuk mengunjungi tempat tersebut? Langsung saja kita ulas tuntas pada uraian berikut ini.

Berikut di bawah ini tempat tujuan destinasi wisata sejarah yang tedapat di kota Semarang

  • Lawang Sewu

Lawang Sewu

Lawang Sewu adalah sebuah destinasi wisata yang sangat terkenal. Kawasan ini juga menjadi ikon wisata kota Semarang. Apa yang menarik dari tempat bersejarah ini? Tentu saja bukan hanya cerita mistis tempat ini saja. Lawang sewu adalah saksi sejarah bagaimana bangsa ini dulu sempat dikuasai oleh negeri asing. Ada banyak pembantaian terjadi di sini. Bangunan ini dibangun pada 1902 selama tiga tahun. Bangunan bersejarah ini dirancang oleh dua orang Belanda bernama J.F Klinkhamer dan B.J Quendang dengan memanfaatkan tenaga bangsa Indonesia. Di balik kokohnya bangunan ini, ada sejarah pilu bangsa tersimpan di dalamnya. Sisi kemistisan gedung ini tetap terpancar meski bangunannya terletak di pusat kota. Berani mengunjungi tempat ini?

  • Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang

Tak jauh dari Lawang Sewu, Anda bisa mengunjungi Kota Lama. Kawasan ini sering disebut sebagai The Little Netherland. Di kawasan ini, Anda bisa menemukan wilayah yang dibandung dengan arsitektur bergaya Belanda. Kota Lama ini terletak di Jalan Letjen Suprapto, Tanjunga Emas. Kawasan ini menjadi sentra perekonomian dan sentra budaya masyarakat Jawa Tengah. Lelah berkeliling kota, Anda bisa rehat sejenak di sekitar Gereja Blenduk Semarang. Di dekat gereja, ada pasar barang-barang bekas. Anda bisa membeli atau sekedar melihat-lihat benda-benda antik di kawasan ini.

  • Kawasan Pecinan Semarang

Kawasan Pecinan Semarang

Masih berada di dekat pusat kota Semarang, Anda juga bisa mengunjungi kawasan Pecinan. Komplek pecinan Semarang juga disebut dengan Gang Baru. Di sepanjang komplek Pecinan, Anda bisa melihat pemandangan dan suasana kota khas Tionghoa. Komplek Pecinan ini juga memiliki sejarah panjang. Kawasan ini menjadi kawasan yang cukup berpengaruh pada Kota Semarang. Nilai Historisnya tak kalah penting daripada Lawang Sewu atau Kota lama. Di kawasan ini, ada beberapa aktivitas masyarakat yang bisa Anda kunjungi, yaitu pasar tradisional, Waroeng Semawis, dan Pasar Imlek (hanya ada menjelang tahun baru Imlek).

  • Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong

Kawasan ini juga tidak terlalu jauh dari pusat kota Semarang. Klenteng Sam Poo Kong adalah bangunan klenteng yang berfungsi sebagai tempat ibadah China. Tidak heran jika seluruh warna bangunan ini didominasi warna merah dan emas khas negeri Cina. Anda bisa melihat bagaimana uniknya bangunan khas Tionghoa tersebut. Untuk bisa berkeliling di tempat wisata ini, ada tiket masuk yang harus Anda bayar. Untuk wisatawan lokal, biayanya sebesar Rp 5.000 per orang. Untuk wisatawan asing, biasanya 15.000 per orang. Jika Anda ingin menggunakan pakaian adat China, Anda harus membayar Rp 70.000 per orang.

  • Vihara Buddagaya

Vihara Buddagaya

Untuk mencapai tempat wisata ini, jaraknya sekitar 45 menit dari kota Semarang. Vihara Buddagaya terletak di Ungaran, tepatnya di Jalan Solo – Jogja tepat di sisi jalan besar. Yang paling menarik dari tempat ini adalah bangunan Pagoda Avalokitesvara dan juga Vihara Dhammasala yang sudah dibangun sejak tahun 1955.

Tagged with: , , ,

1 comment

  • cak lontong

    mantap nih kalau mau lburan ke semarang udah ada tujuan rekomendasi dari artikel ini

    Reply to cak lontong

Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*